Pengetahuan Wakaf

Dasar Hukum Wakaf

Dalam al-Quran disebutkan beberapa ayat berkaitan dengan wakaf di antaranya adalah ayat 18 surat al-Hadiid yang artinya:

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki

maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pembayarannya) kepada mereka, dan bagi mereka pahala yang banyak.”

 Dalil lain adalah ayat 92 surat Ali Imran yang artinya:

“Kamu sekali-kali tidak sampai pada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menyedekahkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu sedekahkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya.” 

Ayat lain yang menjadi dalil adalah ayat 267 surat al- Baqarah yang artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, sedekahlah (di jalan Allah) sebagian hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu sedekahkan dari padanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan

memincingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.” 

Sedangkan hadis Nabi yang menjadi dalil wakaf adalah

hadis riwayat Muslim berasal dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

 “Seorang manusia yang meninggal dunia akan berhenti semua pahala amal perbuatannya, kecuali tiga perkara, yaitu pahala amalan shadaqah jariah yaitu sedekah yang pahalanya tetap mengalir yang diberikannya selama ia hidup, pahala ilmu yang bermanfaat bagi orang lain yang diajarkannya selama hayatnya, dan doa anak saleh.”

Selain itu hadis yang menyebutkan Ustman bin Affan membeli sebuah sumur di kota Madinah. Sumur itu beliau wakafkan untuk kepentingan umum, namun beliau sendiri

ingin memanfaatkan air sumur itu untuk kepentingan sehari- hari. Hadist yang berkenaan dengan Ustman ini tidak dijumpai kata “Habs” (menahan), tetapi fungsi sumur itu yakni untuk kepentingan orang banyak, jelas pengertian wakaf di situ. Sedangkan dasar praktik wakaf dinegara Indosesia adalah peraturan Perundang-undangan sebagai berikut:

  1. Undang Undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2006 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf
  3. Kompilasi hukum islam Indonesia
  4. Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 1977  Tentang Perwakafan tanah

 

Hubungi Kami